Teamwork(
Kerja Kelompok)
Pengertian manajemen team work
Pengertian manajemen teamwork/kerjasama, team work berasal dari bahasa
asing teridiri dari dua kata team dan work. team adalah
sekumpulan orang yang terdiri atas dua,lima hingga sepuluh. work berarti
kerja atau kegiatan yang di jalankan setiap individu yang telah terpenuhi
syarat kesepahaman di dalam team itu sendiri.
Karakteristik Kelompok
1. Terdiri dari dua orang
atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal.
2. Anggota kelompok harus
mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu
kelompok
3. Mempunyai struktur
hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan
berfungsi sebagai suatu unit.
4. Anggota kelompok adalah
orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
5. Individu yang tergabung
dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan
orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
Tahapan Pembentukan Kelompok
Perkembangan sebuah kelompok
selalu berbeda satu dengan yang lainnya. Namun demikian, terdapat beberapa cara
yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah kelompok. Berikut ini adalah
beberapa tahapan dalam pembentukan kelompok.
A. Forming.
Forming adalah tahap orang
berkumpul dan membentuk sebuah kelompok
B. Informing.
Informing merupakan tahap
dimana kelompok yang baru terbentuk tersebut diberi penjelasan tentang tujuan
dari kegiatan yang akan diselenggarakan. Pada tahap ini biasanya akan didapati
interaksi antaranggota karena setiap peserta mulai sadar bahwa mereka menuju
pada tujuan yang sama.
C. Storming.
Pembangunan peran diantara
masing-masing peserta mulai terbentuk. Storming merupakan fase yang sangat
penting dalam dinamika kelompok, karena pada tahap ini akan terjadi tarik
menarik, uji coba, bahkan konflik.
D. Norming.
Tahapan ini merupakan tahap
stabilisasi dimana aturan, ritual, dan prosedur telah ditetapkan dan diterima
oleh seluruh peserta. Peserta telah menyepakati identitas perasn sehingga
terciptanya suasana kebersamaan.
E. Mourning.
Mourning merupakan tahap
akhir dari proses pembentukan sebuah kelompok. Pada tahapan ini, seluruh tugas
telah selesai dikerjaan dan tujuan utama pembentukan kelompok sudah terpenuhi
F. Transforming.
Pada tahapan ini, tim telah
menjadi dinamis karena pembentukan kelompok sudah terjadi dan mulai ada
perubahan baik di masing-masing peserta maupun pada kelompok secara
keseluruhan.
Kekuatan Team Work
Teamwork atau kerja sama tim
merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah
disepakati sebelumnya. Harus disAdari bahwa teamwork merupakan peleburan
berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencpai tujuan bersama. Tujuan
tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan
dari pribadi paling populer di tim. Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah
kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan.
Implikasi
Manajerial
implikasi manajerial ( contoh kasus ) yang akan saya
ambil yaitu kerja team dalam sebuah perusahaan.dalam suatu perusahaan
diperlukan kerja sama antar team baik sesama staff maupun dengan atasan
supervisor atau HRD.agar perusahaan dapat mempertahankan kemajuannya dan
mencapai tjuan yang memuaskan.
Sumber referensi : buku
"TEORI KOMUNIKASI" Theories of Human Communication
Penulis : Stephen W.Littlejhon
Karen A.Foss
Penerbit
: Salemba Humanika
Sumber referensi : buku
"PENGANTAR MANAJEMEN”
Penulis : Ismail Solihin
Penerbit
: Erlangga
Sumber
:
http://juprimalino.blogspot.com/2012/02/definisi-teamwork-yang-baik-untuk.html
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/25/kompetensi-sosial-pengawas-sekolah-kerja-sama/
0 komentar:
Posting Komentar