Selasa, 20 Mei 2014

Posted by Unknown
1 comment | 23.56
Pacitan - Daerah satu ini hampir luput dari perhatian. Namun dibalik wilayah geografis yang dikepung pegunungan, Kabupaten Pacitan menyimpan destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lain.Saya bangga menjadi warga Pacitan walaupun bukan tempat kelahiranku.saya terpesona oleh keindahan kota Pacitan sehingga membuat saya tinggal lama di kota indah ini.Karena cukup lama tinggal di Pacitan saya banyak tau objek wisata yang ada di kota ini.
Wisata alam seperti pantai dan goa di kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa ini benar-benar memiliki keindahan yang wajib dikunjungi.


Inilah 8 tempat wisata yang mempesona di Pacitan

  • Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan.

Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Perjalanan menuju goa ini relatif mudah, dengan jalanan setapak yang sudah diperbaiki dengan baik.


  • Pantai Klayar 

Berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota pacitan
Klayar adalah pantai eksotik dengan hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter. Presiden SBY dan keluarga belum lama ini mengunjungi pantai ini.


  • Pantai Teleng

Berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota Pacitan, atau sekitar 3,5Km, Pantai Teleng Ria merupakan obyek wisata yang paling banyak di kunjungi saat berada di Pacitan.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3Km. Ombak di pantai inipun cocok bagi mereka yang ingin berenang atau hanya untuk bermain-main di kala liburan keluarga.



  • Pantai Banyu Tibo

Lokasinya di Area Donorojo, Desa Widoro perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur . Akses jalan menuju Pantai tersebut lumayan bagus , kendaraan roda 4 aja bisa masuk ke Area Pantai Banyu Tibo. Area Pantai Banyu Tibo ini cukup menarik dan terkesan indah.

Area Pasir putih yang menawan di hiasi akan bebatuan indah mirip dengan sebuah ukiran di kayu.


  • Pantai Srau 

Terletak 25 km dari kota Pacitan, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Pantai Srau memiliki 3 lokasi pantai. Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, di bagian barat untuk melihat matahari terbenam, dan yang bagian tengah memiliki pemandangan luas ke laut lepas, ditambah batu-batu besar yg berdiri gagah di tengah laut.
Perjalanan menuju pantai ini agak sulit untuk dijangkau, karena jarang dilewati oleh angkutan umum.


  • Pantai Buyutan 

Merupakan pantai yang terletak di sebelah barat pantai Klayar, jaraknya tidak lebih dari 10 km.
Untuk menuju pantai Buyutan, dari jalan utama harus masuk ke jalan kampung sepanjang kurang lebih 3 km dengan kondisi jalan yang sangat berantakan. Mungkin hanya beberapa ratus meter aja jalan yang masih agak layak, selebihnya kayak medan off road melewati pinggir kampung dan sawah.


  • Pantai Watukarung

Pantai di Dusun Watu Karung ini cukup menawan ombaknya. Banyak penggemar surfing yang menjajal kedahsyatan ombaknya. Sebelum mencapai lokasi kita akan disuguhi pemandangan gunung batu batu karang.

Tahun 2009 lalu, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008 untuk menjajal dan membuktikan betapa ombak Pantai Watu Karung adalah ombak kelas dunia.


  • Kolam Renang Banyu Anget

Banyu Anget, atau dalam bahasa Jawa berarti air hangat. Kolam renang ini memang berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan.

Pemandian ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota dan relatif mudah dijangkau. Jalanan relatif lebar dan rata sehingga mobil pun akan dengan mudah melewatinya.

1 komentar:

  1. Blog nya mantap..Mohon ditularkan ilmunya ke adik - adik kita yang masih sekolah

    di bangku SLTA/SLPT sederajat dan ikuti Lomba Blog Wisata

    Pacitan

    BalasHapus

Blogroll